Penyebab dan Solusi Jika Kawat Seling Galvanis Rusak

Sebagai pengguna kawat seling galvanis, anda memang harus mengetahui tentang bagaimana cara merawat dan juga mengenali kerusakan saat mengaplikasikannya di area industri. Selama ini para pemakai memang menganggap kerusakan ringan sebagai salah satu kerusakan biasa saja. Tetapi jika dibiarkan kerusakan tersebut tentu akan membahayakan pemakai di lapangan.

Jika dilihat dari penyebab kerusakan kawat seling galvanis memang terdapat beberapa kemungkinan. Lalu bagaimana penyebab dan solusi jika terjadi kerusakan tersebut, pada ulasan berikut ini akan dibahas secara keseluruhan.

Beberapa Jenis Kerusakan Kawat Seling Galvanis

Kerusakan Karena Karat atau Korosi

Selama ini kerusakan kawat seling memang lebih banyak dipengaruhi oleh kerusakan mekanis. Salah satunya adalah rusak karena adanya karat atau korosi yang menimbulkan masalah yang lebih parah. Tetapi kerusakan ini jika masih belum terlihat parah hanya sekedar bintik-bintik tidak terlalu kasar masih bisa diatasi.

Penyebab utama terjadinya karet atau korosi biasanya kawat seling sangat kurang adanya pelumasan. Apalagi penempatan kawat seling juga salah dan sering terkena asam atau alkali yang disebabkan oleh air hujan maupun air laut. Solusinya adalah memberikan lubrikasi atau pelumas kembali dan menempatkannya pada ruangan yang lebih aman.

Kerusakan Karena Patah

Kawat seling seringkali kurang pengawasan sehingga setidaknya selama 12 bulan harus dicek ulang. Biasanya masalah karena patah memang diakibatkan oleh kesalahan mekanis. Para pengguna sering menggunakan beban yang terlalu besar dan tidak menyesuaikan dengan ukuran kawat seling.

Jika mendapatkan masalah ini para pemakai memang harus rutin mengecek dan memastikan jika kawat seling tidak rusak sebelum digunakan. Yang paling penting adalah pengaplikasiannya harus sesuai dengan kapasitas yang tertera pada kekuatan kawat seling.

Kerusakan Karena Perubahan Bentuk

Selanjutnya adalah kerusakan yang diakibatkan karena adanya faktor lain dari kawat seling tersebut. Jenis kerusakan yang seringkali terdapat di area industri adalah kink (berbelit), Birdcaging (membulat seperti sangkar), Crushing (penumpasan) dan Core protresion (Inti core keluar).

Jika terdapat masalah ini memang sangat mengkhawatirkan. Para pemakai akan jauh lebih aman jika kawat seling dipotong pada bagian yang mengalami masalah. Pastikanlah memeriksa kembali pada bagian lain supaya hasil potongan tidak memberikan dampak.

Itulah beberapa macam jenis kerusakan kawat seling galvanis dan bagaimana solusi terbaik untuk mengatasinya. Anda sebagai pengguna memang harus memahami secara saksama supaya tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap pekerjaan yang ada di lapangan. Semoga bermanfaat!